Cara Membersihkan Rantai Motor Yang Benar

Cara Membersihkan Rantai Motor Yang Benar - Rantai pada motor merupakan salah satu elemen penting, yang keberadaannya memerlukan perhatian dan perawatan khusus. Salah satu cara merawat rantai motor biar awet yaitu dengan memperhatikan kebersihannya. Rantai yang dibiarkan kotor dalam waktu yang usang sanggup menciptakan rantai tidak sanggup bekerja secara maksimal dan hasilnya selain akan menurunkan performa motor Anda, rantai juga sanggup terlepas dari gear atau putus, sehingga sanggup mengakibatkan kecelakaan bagi pengendaraannya.

Posisi rantai yang berada dibawah dan berdekatan dengan roda membuatnya gampang terkena kotoran. Tidak hanya itu saja, kondisi rantai yang selalu lembap dengan pelumas, oli atau gemuk, semakin menciptakan debu atau pasir gampang melekat dan rantai menjadi kotor. Selain menganggu akselerasi motor, rantai yang kotor juga akan mempengaruhi penampilan sepeda motor Anda. Untuk membersihkan rantai motor sanggup dilakukan dengan mudah. Berikut ini langkah-langkah membersihkan rantai motor yang sanggup Anda lakukan :

1. Untuk mempermudah proses membersihkan rantai motor Anda, lepas semua benda-benda yang menghalangi menyerupai tutup rantai dan tutup gear sehingga tidak ada lagi yang menghalangi aktivitas yang Anda lakukan ketika membersihkan rantai.

2. Selanjutnya bersihkan rantai motor Anda dari kotoran dan pelumas yang menempel. Basahi rantai dengan memakai air sabun. Untuk melunturkan sisa pelumas, kotoran dan karat, Anda juga sanggup menyemprotkan penetran  atau cairan WD 40.

3. Bersihkan rantai dengan cara disikat memakai sikat gigi atau kuas untuk menghilangkan semua kotoran yang ada dan rantai menjadi benar-benar bersih. Setelah itu keringkan rantai memakai kain bersih.

4. Setelah rantai benar-benar higienis dan kering, selanjutnya semprotkan pelumas khusus rantai (Chain Lube) secara merata.

5. Pasang kembali epilog rantai atau benda-benda yang sebelumnya dilepas, selanjutnya proses pencucian rantai telah akhir dan motor kembali siap digunakan.

Jangan membersihkan rantai dengan memakai bensin atau solar, alasannya yaitu karet roller pada rantai sanggup menjadi melar sehingga sanggup mengakibatkan rantai gampang kendur. Sebelum memakai sepeda motor Anda, periksa kembali kondisi rantai. Periksa ketegangan rantai dan perhatikan juga kondisi gear. Pastikan keduanya dalam kondisi baik.

Demikian Cara Membersihkan Rantai Motor Yang Benar biar fungsi dan kegunaannya tetap terus terjaga dengan baik. Jaga selalu kebersihan rantai motor Anda, jangan biarkan kotoran melekat di rantai motor Anda terlalu lama. Semoga bermanfaat.