Cara Menciptakan Surat Perjanjian Sewa Rumah

Cara Membuat Surat Perjanjian Sewa Rumah - Menyewa sebuah rumah merupakan sesuatu yang umum terjadi di masyarakat. Hal ini disebabkan oleh masih banyaknya orang yang belum mempunyai rumah sendiri, sehingga untuk memenuhi kebutuhan daerah tinggal maka orang tersebut menyewa rumah. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang timbul dari acara sewa menyewa, maka sebaiknya acara tersebut disertai dengan sebuah surat perjanjian. Surat Perjanjian ini berkhasiat sebagai pertolongan aturan bagi kedua belah pihak.

Bagi Anda yang ingin melaksanakan acara sewa menyewa rumah, baik pemilik rumah ataupun penyewa sebaiknya menyertakannya dengan surat perjanjian. Berikut ini contoh surat perjanjian sewa rumah yang sanggup Anda jadikan contoh :

Surat Perjanjian Sewa Rumah

Pada hari ini, Senin, tanggal 30, bulan April, tahun 2017, yang bertanda tangan dibawah ini :

N a m a                  : Heriyanto
Tempat, Tgl.Lahir   : Jakarta, 20 Juni 1985
Pekerjaan               : Pegawai Negri Sipil
Alamat                    : Jl. Martabak Telor RT. 009 RW. 007 No. 30, Kramat Jati - Jakarta Timur

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA (Pemilik Rumah)

N a m a                  : Samsul Hadi
Tempat. Tgl.Lahir   : Jakarta, 28 Februari 1990
Pekerjaan               : Wiraswasta
Alamat                    : Jl. Merpati Putih RT. 008 RW 007 N0. 23, Cililitan - Jakarta Timur

Selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA (Penyewa Rumah)

Kedua belah pihak sepakat untuk mengikatkan diri dalam Perjanjian Sewa Rumah ini dengan ketentuan dan syarat-syarat sebagaimana diatur dalam pasal-pasal berikut ini :

Pasal 1
1. PIHAK PERTAMA dengan ini sepakat untuk menyewakan Rumah yang beralamat di Jl.Tiga Berlian RT. 001 RW. 001 No. 22, Kramat Jati, Jakarta Timur kepada PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA sepakat untuk menyewa Rumah tersebut dari PIHAK PERTAMA.
2. PIHAK PERTAMA telah memutuskan harga sewa Rumah sebesar Rp.30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah) per tahun, dan PIHAK KEDUA telah menyetujui harga sewa tersebut.

Pasal 2
1. PIHAK KEDUA akan menyewa Rumah tersebut selama 2 (Dua) tahun terhitung mulai tanggal 01 Mei 2017 hingga dengan tanggal 30 April 2019.
2. PIHAK KEDUA telah menyerahkan uang sebesar Rp.60.000.000,- (enam puluh juta rupiah) sebagai tanda pelunasan sewa Rumah selama 2 (Dua) tahun pada dikala surat perjanjian ini ditanda tangani.

Pasal 3
1. PIHAK PERTAMA menyatakan bahwa Rumah yang disewakan dalam perjanjian ini merupakan hak milik PIHAK PERTAMA, bebas dari sengketa dan tidak dalam keadaan disewakan atau dijual kepada PIHAK KETIGA.
2. PIHAK KEDUA sanggup sepenuhnya menjalankan hak-haknya sebagai penyewa rumah  tersebut tanpa adanya gangguan dari pihak manapun.

Pasal 4
1. PIHAK KEDUA berhak memakai listrik, telpon, dan air PDAM yang telah terpasang sebelumnya pada bangunan rumah yang disewa.
2. PIHAK KEDUA berkewajiban untuk membayar semua tagihan-tagihan serta biaya-biaya lainnya terkait penggunaannya.
3. Segala kerugian yang timbul akhir kelalaian PIHAK KEDUA dalam memenuhi kewajibannya sepenuhnya menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA.

Pasal 5
1. PIHAK KEDUA tidak dibenarkan untuk memindahkan atau mengalihkan hak sewa menurut perjanjian ini kepada PIHAK KETIGA.
2. PIHAK KEDUA tidak dibenarkan membangun bangunan lain atau galian-galian, mengubah instalasi atau struktur bangunan rumah tanpa izin dan persetujuan PIHAK PERTAMA.
3. Kerusakan struktur bangunan rumah dan hal yang terkait lainnya sebagai akhir pemakaian sepenuhnya menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA.
4. PIHAK KEDUA dibebaskan dari segala ganti rugi atau tuntutan dari PIHAK PERTAMA jika kerusakan pada bangunan rumah disebabkan oleh tragedi ibarat kebakaran, banjir, gempa bumi, dan tragedi lainnya.

Pasal 6
1. Hal-hal yang belum diatur dalam perjanjian ini akan ditetapkan lalu hari secara musyawarah dan merupakan belahan yang tidak terpisahkan dari perjanjian ini.
2. Segala perselisihan yang timbul akhir perjanjian ini akan diselesaikan oleh kedua belah pihak secara musyawarah dan kekeluargaan. Apabila cara musyawarah dan kekeluargaan tidak juga sanggup menuntaskan perselisihan, maka kedua belah pihak telah sepakat untuk menyerahkannya kepada pihak yang berwajib atau pengadilan.

Demikian Surat Perjanjian ini dibentuk dan disetujui serta ditanda tangani oleh kedua belah pihak dengan penuh kesadaran. Surat perjanjian ini dibentuk dalam dua rangkap yang bermaterai cukup dan mempunyai kekuatan aturan yang sama.

        Pihak Pertama                                                                                            Pihak Kedua



           Heriyanto                                                                                                Samsul Hadi


Demikian Cara Membuat Surat Perjanjian Sewa Rumah yang sanggup Anda lakukan. Anda sanggup mengubah isi surat pejanjian tersebut sesuai dengan harapan Anda. Semoga bermanfaat.