Cara Merawat Kebaya Semoga Tetap Awet

Cara Merawat Kebaya Agar Tetap Awet - Kebaya telah usang dikenal sebagai pakaian tradisional Indonesia. Kebaya umumnya digunakan bersama kain batik. Walaupun kebaya lebih identik digunakan oleh wanita-wanita jawa, namun ada beberapa kawasan di indonesia mempunyai kebaya dengan ciri khas masing-masing seperti Kebaya Jakarta dengan ciri berupa warnanya yang cerah, yang dipadu dengan sarung batik, dan lain sebagainya.

Seperti jenis pakaian lainnya yang memerlukan perawatan, kebaya juga harus dirawat dengan baik semoga tidak gampang rusak dan tetap sanggup terus digunakan. Berikut ini ialah tips merawat kebaya semoga tahan lama dan tetap terlihat anggun :

Cara Mencuci Kebaya

- Jangan mencuci kebaya dengan memakai mesin basuh lantaran sanggup merusak kebaya. Kebaya sebaiknya dicuci secara manual (menggunakan tangan). 
- Untuk mencuci kebaya, hindari memakai deterjen yang mengandung pemutih. Kebaya jangan dikucek tapi cukup diremas secara lembut.
- Jangan memakai sikat basuh terutama kebaya berbahan brokat dan yang mempunyai hiasan bordiran dan payet. Untuk menghilangkan noda, gunakan sikat gigi berbahan lembut.
- Jangan merendam kebaya didalam larutan deterjen terlalu lama, cukup 8-10 menit saja dan sesudah itu bilas dengan air bersih
- Untuk mengurangi airnya, jangan memeras kebaya dengan cara dipelintir, sebaiknya letakan kebaya diatas handuk yang dibentangkan kemudian gulung keduanya secara bersamaan.
- Jangan menjemur kebaya dibawah terik matahari secara langsung.
- Untuk jenis materi kebaya tertentu ibarat chiffon, lace atau tulle, gunakan teknik dry-cleaning semoga tekstur kebaya tetap terjaga dengan baik.
- Jangan terlalu sering mencuci kebaya, kecuali sudah benar-benar kotor dan berbau. Setelah digunakan, cukup diangin-anginkan saja dengan meletakannya ditempat yang datar.

Cara Menyetrika Kebaya

- Untuk menyetrika kebaya, sebaiknya kebaya dilapisi dulu dengan kain semoga tidak terjadi sentuhan tapak setrika secara pribadi untuk menghindari kerusakan materi kebaya.
- Untuk kebaya berbahan tulle, jangan disetrika lantaran akan merusak tekstur bahanya.
- Sesuaikan suhu panas setrika dengan materi kebaya yang digunakan.

Cara Menyimpan Kebaya

- Untuk menyimpan kebaya, sebaiknya perhatikan jenis materi kebaya yang digunakan. Untuk kebaya dari materi satin atau sutera sanggup digantung dengan memakai hanger. Untuk kebaya dari materi lace, tulle atau payet sebaiknya dilipat dan disimpan didalam kotak khusus yang terbuat dari kardus atau mika semoga tekstur dan garis kebaya tetap terjaga.
- Jangan menempatkan kamper atau kapur barus ditempat menyimpan kebaya alasannya ialah hal itu sanggup merusak materi kebaya. Sebaiknya gunakan silica gel semoga kebaya tetap kering.

Demikian Cara Merawat Kebaya Agar Tetap Awet yang sanggup Anda lakukan. Sebaiknya jangan menyemprotkan parfum secara pribadi kepermukaan kebaya, lantaran materi tertentu dari parfum ibarat fragrance sanggup merusak tekstur warna kebaya Anda. Semoga bermanfaat.